Catatan Seorang Pekerja Teks Komersial

Judul: Catatan Seorang Pekerja Teks Komersial (buku elektronik)
Penulis: 
Dina Begum
Penerbit: CV. Transkomunika Kencana
ISBN: 978-623-93584–3-3
Terbit: 12 September 2020
Tebal: 142 halaman

Tahun ini, umurku 50. Ya, pada tahun yang sungguh aneh ini aku berumur setengah abad. Tadinya, kupikir aku ingin mengajak keluargaku berjalan-jalan ke manaaa begitu, tetapi ternyata tidak bisa. Sebagai gantinya, aku menghadiahi diri dengan “menerbitkan” buku tulisanku sendiri. Bukan tulisan baru, aku tidak semahir itu menulis, melainkan tulisan-tulisan lama dari blog ini.

Aku sempat memakai aplikasi yang menjanjikan proses mudah memindahkan tulisan dari blog ke buku elektronik. Ternyata, hasilnya kurang sesuai dengan keinginanku. Terpikir juga untuk memakai jasa penulis siluman, eh … ghost writer, untuk merapikan susunan tulisan sehingga ada benang merah yang kuharap akan membuat buku menjadi lebih enak dibaca, tetapi rasanya itu berlebihan untuk seorang pekerja teks komersial seperti aku. Akhirnya, aku mencari orang yang bisa mengerjakan tata letak buku dan oleh cikgu Anna Farida aku “dipertemukan” dengan Qurrotul Uyun.

Setelah sepakat mengenai biaya dan cara kerja, aku memilih tulisan-tulisan mana saja yang mau dimuat di ebook. Ini agak lama, karena tulisanku seperti serpihan catatan yang tercecer dan aku berusaha menyusunnya selogis mungkin agar terkesan masuk akal. Selain tulisanku, ada beberapa tulisan dari blog teman-teman: Barokah Ruziati, Lulu Fitri Rahman, dan Maria Renata, atas seizin yang bersangkutan. Aku juga menceritakan warna dan model gambar kesukaanku kepada Uyun. Aku lalu diberi beberapa contoh ebook untuk kupilih gayanya. Selebihnya, Uyun dengan tongkat sihirnya yang bekerja. Dia menyoroti penggalan kalimat dari tulisanku lalu mendandaninya menjadi cantik dan menyisipkan kutipan-kutipan relevan milik orang lain di sana-sini. Menyenangkan bekerja bersama Uyun. Semoga semakin banyak karyanya yang indah-indah.

Terima kasih tak terhingga kuucapkan kepada pak Sugeng Hariyanto yang telah berkenan memberikan kata pengantar dan membantu mendapatkan ISBN untuk ebook ini. Tak sampai di situ, pak Sugeng mengajakku untuk “meluncurkan” ebook ini di acara We Talk yang diselenggarakan oleh Program Studi Bahasa Inggris, Politeknik Negeri Malang. Mimpi apa aku. Terima kasih juga kepada Mbak Maya Rizki Fauzia dan Mbak Tanti yang telah mengampu acara We Talk dan Deesis Mesiani dari penerbit BIP yang rela “kuseret” menemani aku duduk di depan pemirsa.

Silakan unduh Catatan Seorang Pekerja Teks Komersial (Pdf 26,5MB) ini, bila suka. Isinya tidak ada yang baru, betul-betul hanya memindahkan sebagian isi blog ini ke dalam file berformat pdf. Mohon maaf, masih terdapat ‘sampah’ saltik di sana-sini yang membikin mata gatal.

Baca Flipbook CSPTK Dina Begum.

Terima kasih bagi yang sudi membacanya. Semoga isinya bermanfaat.

Testimonial:

Saya mengenal Mbak Dina sebagai sesama penerjemah buku, tetapi jangkauan pengalaman beliau jauh lebih luas daripada itu, karena beragam jenis terjemahan yang digarapnya. Mbak Dina juga tidak pernah berhenti menambah ilmu dan kecakapan di bidang penerjemahan, sehingga “cerita-cerita” yang dituangkannya dalam buku ini sangat berisi dan bermanfaat, terutama bagi yang ingin memulai karier sebagai penerjemah. Bukan hanya teori dan kiat-kiat, tetapi juga kisah kehidupan dan jatuh-bangunnya selama menekuni pekerjaan ini. Menurut saya itu faktor yang penting karena penerjemah kan juga manusia.
Barokah Ruziati, penerjemah

JANGAN BELI BUKU BAJAKAN.

9 respons untuk β€˜Catatan Seorang Pekerja Teks Komersial’

  1. Alhamdulillah dan selamat Mba Dina atas terbitnya e-book Catatan Seorang Pekerja Teks Komersial ini. Saya sebagai pembaca blog Mba merasa sangat terbantu karena saya jadi tidak perlu lagi scrolling halaman web Mba Dina untuk mencari bahasan yang saya ingin baca.

    Saya izin mendownload e-booknya ya, Mba. Terima kasih dan Sukses Selalu, Mba Dina.

  2. Dear Dina,

    Alhamdulillah, Dina sudah berhasil menerbitkan kumpulan tulisannya menjadi ebook. Cita-cita yang sebenarnya sudah lama juga aku niatkan, hanya saja masih terus ditunda. Jadi, sekali lagi selamat untuk pretasi hebatnya!

    Meskipun belum sempat membacanya, aku sudah berniat untuk mengunduhnya dan membaca seluruhnya.

    Brava, Dina!

    Salam sayang selalu,
    NiFi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.