Dina's Pensieve

Blog penerjemah bersertifikat HPI

Tertib Administrasi

Menjadi pekerja lepas bukan berarti tidak perlu tertib administrasi, justru sebaliknya. Dengan pemasukan tidak menentu, pencatatan keuangan sangat penting agar tidak ada invoice yang belum ditagihkan dan bisa dengan mudah melacak tagihan yang belum dibayar. Sempat terpikir olehku untuk membeli perangkat lunak yang bisa menerbitkan tagihan, melakukan peramalan keuangan (forecast), dan melihat arus kas. Namun, perangkat lunak seperti itu tidak murah dan berlebihan bagi kebutuhanku. Ada sih yang gratis tetapi terlalu rumit buatku.

Oleh karena itu, aku kembali melanjutkan cara manual yang kulakukan sejak tahun 2014. Sebelumnya, aku tidak terlalu memperhatikan pengelolaan file di komputer. Lama kelamaan, seiring semakin banyaknya file dan order (alhamdulillah) aku sering kehilangan jejak dan tersesat di hard drive sendiri.

File kukelola di komputer sesuai kategori dan file keuangan kusimpan di dalam satu folder khusus. Agar folder yang berhubungan dengan pekerjaan tampil paling atas, aku membubuhkan angka sebelum judul. Di dalamnya, aku menyusun folder berdasarkan tahun.

Clip_2

Agar tagihan mudah dilacak, pemberian nama file dibuat konsisten sehingga tampak urut di dalam folder. Misalnya: INVOICE namaklien (tanggal bulan tahun).doc

Clip_3

Selain itu, aku catat informasi tagihan di dalam satu file excel. Setiap akhir tahun, aku tinggal menjumlahkan pemasukan tiap bulan untuk keperluan pajak. Memang manual, enggak canggih, tetapi selama ini bisa diandalkan dan menghemat waktu. Sebagai tambahan, semua file yang ada dikomputer kusalin ke dalam external harddisk sebagai cadangan.

Clip_1

Bersedia berbagi? Silakan urun kiat-kiat jitu Anda di bagian komentar.

Iklan

One comment on “Tertib Administrasi

  1. Khadis
    Juli 15, 2017

    Sama, Mba Dina. Saya juga melakukan langkah serupa sejak 2012-2013an, saat klien dan pekerjaan masih bisa dihitung dengan jari.

    Kini, saya sedang menjajal Protemos sebagai alat bantu, terutama untuk jadwal pekerjaan, organisasi file, sampai invoice. Saya sudah membuat ulasan singkatnya di: https://activetranslationbykhadis.com/2017/07/10/protemos-translation-management-system/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Juli 15, 2017 by in Di balik layar, Uncategorized.

Navigasi

Bergabunglah dengan 330 pengikut lainnya

Arsip

Statistik Blog

  • 265,038 hits
%d blogger menyukai ini: