[OOT] Vaksinasi Meningitis

Selain mengurus paspor, demi melengkapi syarat mendapatkan visa Arab Saudi untuk umroh, kami pergi ke Asrama Haji Bekasi, Jl. Kemakmuran, No. 72, No. Telp. (021) 88960946 dengan membawa syaratnya yaitu:

  • mengisi formulir (dengan mencantumkan nama biro perjalanan)
  • fotokopi paspor
  • selembar pas foto berwarna ukuran 4×6
  • membayar biaya Rp455.000,- per orang, plus ada biaya tes kehamilan Rp25.000,- untuk perempuan.
    Perinciannya adalah Rp305.000,- untuk vaksinasi meningitis dan Rp150.000,- untuk vaksinasi flu. Total biaya untuk vaksinasi kami berdua Rp935.000,-

Saat itu sudah siang, sekitar pukul 11. Pak satpam yang ramah di gerbang Asrama Haji memberitahukan di mana tempat klinik untuk vaksinasi meningitis. Di sana hanya ada beberapa orang yang sedang menunggu kerabat/teman mereka yang hendak divaksinasi. Aku mengambil formulir lalu mengisinya dan menempelkan pas foto. Setelah menyerahkan formulir, seorang petugas wanita langsung membimbingku untuk melakukan tes kehamilan. Yaelah, Bu. Sudah ubanan begini mana mungkin hamil.

“Ini sudah syarat, Bu,” kata petugasnya seraya tersenyum manis.

Setelah dengan sukses dikukuhkan tidak hamil, aku dan suami dipersilakan duduk di bagian ruangan yang diberi tabir. Di sana petugas sudah siap untuk menyuntik. Karena sudah siang dan tidak ada antrean, kami divaksinasi bersamaan. Jika banyak orang, vaksinasi perempuan dan laki-laki dilakukan secara terpisah.

“Tarik napas ya, Bu. Bismillahirrahmanirrahim,” petugas memandu.

Cus! di lengan kiri untuk vaksinasi meningitis. Cus! di lengan kanan untuk vaksinasi flu. Selesai. Sudah lama sekali aku tidak disuntik tapi masih ingat aku ingat tidak suka rasanya. Walaupun memampangkan wajah cool, di dalam hati aku ingin meraung.

Proses pembuatan kartu kuning tanda sudah divaksinasi berlangsung cepat, secepat proses pembayaran. Dalam waktu kurang dari satu jam, kami sudah terlindung dari meningitis selama dua tahun dan flu selama satu tahun. In sya Allah.

Di samping klinik, ada gerai yang menjual perlengkapan umroh dan haji seperti kain ihram, singlet, celana pangsi, kerudung, mukena, tasbih, kantong urin untuk pipis darurat dan lain-lain. Dalam hati aku berniat akan ke sana kalau perlu.

Informasi ini kudapat hasil blogwalking.

Simak juga: Bekal pakaianku saat umrah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: