Ini-itu

Kereaksi eh Rekreasi

Saat membaca postingan Linda tentang apa yang dilakukan jika penerjemah “libur,” aku jadi mengingat-ingat kapan aku benar-benar berlibur. Kalau tidak salah ingat rasanya aku belum pernah “libur” sejak menerima order penerjemahan buku tahun 2009. Bahkan, pada masa-masa lebaran pun aku bepergian sambil menggarap terjemahan, entah itu novel atau terjemahan nonbuku. Jadi, mumpung sedang ada di Malang untuk suatu keperluan, kututup laptop lalu kuajak keluarga ke taman yang sudah lama ingin kukunjungi, Jawa Timur Park II, yang terdiri dari Museum Satwa, Batu Secret Zoo dan Eco Green Park.

Depan JTP 2Aku sudah diperingatkan kalau ingin mengunjugi JTP itu harus berangkat sepagi mungkin agar bisa puas menikmatinya. Kami berangkat sekitar pukul 11. Saat itu sedang ada promosi, HTM untuk ketiga lokasi sebesar Rp85.000 (normal Rp110.000). HTM ke Museum Satwa dan Batu Secret Zoo Ternyata, waktunya kurang! Ingin rasanya kembali lagi.

Tadinya aku khawatir akan mendapati binatang-binatang Batu Secret Zoo menderita seperti yang diberitakan menimpa satwa-satwa koleksi kebun binatang di Surabaya, atau tidak melihat semua kandang binatang. Ternyata, penataan taman ini sangat apik. Jalur dibuat hanya satu dengan rambu-rambu yang jelas sehingga mau tidak mau “terpaksa” pengunjung melewati semua wahana. Rasanya mirip dengan pengaturan Toranga Zoo di Sydney, Australia, yang pernah kukunjungi beberapa tahun silam. Binatangnya pun sehat-sehat dan tampak bahagia. Di sana-sini terpampang papan permainan tebak gambar yang menambah wawasan kita. Sayangnya tak kulihat tapir, anoa dan binatang-binatang langka dari Indonesia lainnya di sini. Semoga lama-lama ada ya.

Pujasera JTP2
Pujasera JTP2

Taman ini tidak menyisakan ruang untuk menggelar tikar dan berpiknik sehingga tidak jorok. Bagi yang membawa bekal, disediakan banyak tempat peristirahatan dengan bangku-bangku dan payung taman dan toilet bersih. Bagi yang tidak membawa bekal jangan khawatir, jajanan dengan harga cukup bersahabat tersedia di tempat peristirahatan. Tersedia juga area pujasera yang menyediakan makanan “berat” seperti bakso Malang, nasi pecel, roti burger dan lain-lain.

Berwisata ke JTP2 ini harus bugar karena pengunjung harus berjalan kaki mengelilingi area yang naik-turun. Maklum, taman dibangun di atas lahan tidak produktif di lereng gunung Panderman. Bagi yang perlu, disediakan e-bike yang bisa disewa dengan biaya Rp100.000 selama tiga jam. Pengunjung bisa menghubungi pos penyewaan sepeda dari mana saja di taman melalui ponsel, nanti petugas akan mengantarkannya ke tempat Anda berada. Di dalam taman juga ada tempat pijat refleksi. Dengan membayar Rp15.000 kepenatan di kaki akan dihilangkan oleh para ahli pijat andal selama 15 menit. Sedaaap!

Selain kandang binatang, di Batu Secret Zoo juga ada Happy Land. Wahana-wahana di dalamnya bisa dinikmati tanpa dipungut biaya. Betul, sodarah-sodarah, g-r-a-t-i-s! Yang membawa anak-anak, siap-siap kesulitan mengajak pulang anak, ya. Di JTP2 ada penginapan Pohon Inn yang tampak luarnya sangat menawan. Seru juga mungkin menginap di sana jadi kalau tidak bisa mengunjungi semua wahana dalam satu hari bisa dilanjutkan esok harinya.

Selain melihat tingkah polah binatang dari balik pagar, kita juga bisa berfoto berbagai hewan dengan menyumbang Rp5.000 sekali berpose.

Macan Putih

Eco Green Park ini taman terbaru di kompleks JTP2. Taman ini tutup satu jam lebih awal dari JTP2, yaitu pukul 17:00. Di sini kita disuguhi berbagai upaya memelihara lingkungan, baik melalui peragaan pengolahan sampah, budi daya jamur, patung-patung dari barang bekas, dan lain-lain.

Di sini kita bisa berfoto dengan lukisan 3D.

Mau berpose dengan burung-burung eksotis? Bisa. Gratis, lho.

Ini seru. Jungle Park Adventure ini mengajak kita naik mobil listrik masuk ke dalam hutan yang penuh dengan (patung) pemburu dan pembalak liar. Di depan setiap tempat duduk penumpang ada pistol-pistolan untuk menembaki pemburu dan pembalak liar itu. Setiap kita berhasil menjatuhkan orang jahat, kita mendapat skor yang dicatat di layar digital di depan masing-masing penumpang. Petualangan ini dapat Anda nikmati tanpa mengeluarkan biaya tambahan. Asyik, kan?

Enam jam yang kuhabiskan di Jatim Park 2 ini kurang. Aku belum masuk ke wahana memberi makan hewan di Batu Secret Zoo, belum naik-naik wahana di Happy Land, belum masuk ke rumah horor, belum melihat merak putih dari dekat, belum ini, belum itu. Aaaaa! Harus ke sana lagi. (Cari oder biar bisa liburan lagi).

Iklan

7 tanggapan untuk “Kereaksi eh Rekreasi

  1. Saya banyak mendengar obyek wisata-obyek wisata tersebut.
    Saya ingiinnn sekali datang kesana …terutama yang di Batu …
    Orang bilang keren banget …

    Ini sekalian mas BTK pulang kampung nih …

    Salam saya

    (11/2 : 3)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s