Kompak di Galeri

24082013-5
[Credit]
Temu Komp@k HPI kali ini diselenggarakan pada tanggal 24 Agustus 2013 di D’Gallerie café, Jakarta. Selain sebagai ajang halal bihalal, acara diisi gelar wicara bertajuk “Menyongsong Kongres HPI 2013” dengan narasumber Bapak Rudy Hendarto, Bapak Wiyanto Suroso, Bapak Hananto Sudharto, Bapak Imam J.P dan Bapak Eddie R. Notowidigdo, diampu oleh Ibu Indra Blanquita. Acara dimeriahkan juga oleh Bapak Imam JP yang menyampaikan “Kiat Penyuntingan Dalam Penerjemahan.”

Pak Eddie menyampaikan bahwa Kongres HPI yang rencananya diselenggarakan pada tanggal 30 November 2013 ini merupakan organ tertinggi dalam organisasi. Agenda kongres tersebut yaitu

  • pertanggungjawaban ketua HPI
  • mengubah AD/ART, kode etik sesuai dengan kebutuhan organisasi
  • menyusun program tahun berikutnya.
  • memilih ketua baru lalu ketua terpilih membentuk anggota pengurus HPI

Yang memiliki hak suara adalah anggota penuh. Anggota muda hanya dapat menyaksikan acara berlangsung. Saat ditanya, dari sekitar lima puluh orang hadirin rupanya tak sampai jumlah jari sebelah tangan yang mengikuti Kongres HPI X tahun 2010. Jadi, begini kira-kira prosesnya:

  1. Calon ketua dicalonkan oleh anggota, calon ketua ditanya apakah bersedia dicalonkan.
  2. Para calon ketua menyampaikan pidato kampanye.
  3. Anggota penuh menentukan pilihan dengan mengisi kertas suara yang kemudian dihitung.

Jika kongres tidak bisa dilaksanakan karena satu dan lain hal, diadakan referendum untuk memilih ketua.

Sebagai wacana, disampaikan usulan program kerja pengurus HPI masa bakti 01/01/2014 – 31/12/2016. Antara lain,

  1. Administrasi (keanggotaan, keuangan)
  2. Kegiatan rutin (Temu Komp@k, pelatihan)
  3. Tes Sertifikasi Nasional (TSN)
  4. Komisariat Daerah
  5. Penerjemah Bersumpah
  6. Legislasi
  7. Kongres HPI XII (Mempersiapkan KONGRES HPI XII bulan November 2016)

Simak selengkapnya.

Acara kedua yaitu penyampaian “Kiat Penyuntingan Dalam Penerjemahan” merupakan nukilan apa saja yang akan dibahas pada pelatihan Pelatihan Penyuntingan yang akan diselenggarakan tanggal 12 Oktober 2013.

Berikut cuplikan paparan Bapak Imam:

[credit]

Tertarik? Silakan ikuti acara pelatihan penyuntingan yang difasilitasi oleh Pak Imam JP pada tanggal 12 Oktober 2013. Begitu antusiasnya para hadirin bertanya dan dijawab oleh wartawan yang pernah diwawancarai oleh artis Ibu Kota di salah satu stasiun televisi ini sehingga baru menjelang pukul 13.00 acara ditutup dengan foto bersama sebelum menikmati makan siang yang ajib surajib.

Peserta yang datang rupanya bukan hanya penerjemah. Ada staf sebuah perusahaan swasta, ada juga beberapa orang dari agen penerjemahan. Tak sedikit penerjemah novel yang hadir, juga juru bahasa, penerjemah dokumen dan calon penerjemah. Seperti biasa, acara ini menjadi ajang promosi diri (dan mudah-mudahan ajang perekrutan). 😉 Yang tidak datang pasti mulai merasa menyesal. Jangan khawatir, masih banyak acara HPI yang akan diselenggarakan sampai akhir tahun ini. Simak selengkapnya.

Aku sangat menyukai tempat acara berlangsung, D’Gallerie café.  Beralamat di Jalan Barito I, Kebayoran, kafe ini letaknya dekat dengan RSPP, Rumah Sakit Pertamina. Walaupun kurang paham cara mengapresiasi lukisan tapi dinding-dinding yang dihiasi karya seni ini membuat semua orang terlihat menawan. Lantainya yang dari kayu membuatku ingin  berdansa balroom atau yoga. Kurasa selain penerangan lampu yang ditata dengan cermat, cahaya matahari yang merembes dari jendela besar di salah satu dindingnya turut memanjakan mata sehingga suasana tidak terlalu terang juga tidak terlalu gelap. Konon untuk acara gelar wicara tempat bisa menampung hingga 70 orang dan 50 orang untuk pelatihan yang membutuhkan kursi dan meja. Asyiknya lagi, di lantai atas ada salon kecantikan. 😀

[credit]
Iklan

One thought on “Kompak di Galeri

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: