Dipingit di Bioskop Baca

IRF_2012_5
Bioskop Baca. Foto hasil jepretan Ariyati.

Akhirnya, hari yang dinanti-nanti datang juga. Festival Pembaca Indonesia 2012 (09/12) dengan tema “Luaskan Dunia Membacamu.” Tema ini diangkat dengan tujuan mengajak para pembaca membuka wawasan dengan cara meluaskan jenis bacaannya. Diharapkan tidak akan ada lagi kejadian seperti pembakaran dan pelarangan buku akibat sempitnya wawasan. Persiapan panjang panitia dengan berbagai rapat, siaran di radio dan entah apa lagi menuju satu hari istimewa ini telah berakhir. Acara tahunan ini diselenggarakan oleh komunitas Goodreads Indonesia (GRI). Goodreads Indonesia adalah sebuah komunitas yang dibentuk tanggal 7 Juni 2007 oleh Femmy Syahrani dan ditujukan untuk para pembaca buku berbahasa Indonesia yang ingin mendiskusikan buku-buku dan merupakan upaya untuk mengumpulkan buku-buku berbahasa Indonesia.

Resize of 2012-12-09 11.44.19
Kak Roos menyetel film.

Sebagai relawan di Bioskop Baca aku datang pukul 7 pagi. Lokasi festival di Plaza Festival, Pasar Festival, Jakarta, sudah ramai oleh panitia, relawan, berbagai komunitas yang sedang menata stand pameran mereka dan tenda Bioskop Baca sudah berdiri dengan megah. Di dalam tenda yang dilengkapi penyejuk udara itu sudah tertata 25 kursi penonton, TV LCD layar lebar banget, sepasang pengeras suara, seperangkat pemutar DVD tapi… tanpa remote. Setelah diotak-atik, ganti pemutar DVD, ganti TV yang lebih kecil tapi film enggak bisa disetel juga, Roos, partnerku menjaga Bioskop Baca, mengambil kunci, helm dan naik motor pulang ke rumahnya untuk mengambil pemutar DVD. Dengar-dengar sih sampai menerobos lampu merah segala. Uuups!

Sambil menunggu aku membaca buku hadiah dari Andre yang datang jauh-jauh dari Yogya, The Witches karya Roald Dahl, novel yang langsung merebut hatiku.

Resize of 2012-12-09 10.25.55
Terpukau.

Pukul 9 Roos datang dengan rambut bak di-blow di salon (entah habis ngebut naik motor atau ngebut lari dari parkiran) sambil membawa pemutar DVD. Selameet! Tiga puluh menit kemudian, para tamu undangan dari SMP 57 Jakarta datang dan nonton bareng pun dimulai dengan film “The Adventures of Tin Tin.” Semua kursi terisi. Kudapan dibagikan. Anak-anak tampak betah mengikuti jalan cerita walau tenda bersebelahan dengan tenda gelar wicara yang suaranya membahana. Usai film, aku mengadakan kuis berhadiah buku. Dengan antusias anak-anak dan para orang dewasa yang menonton film bergantian menjawabnya.

Break. Aku berjalan-jalan ke festival yang sudah ramai pengunjung. Bertemu teman-teman, menyambangi Toko Kelontong Sihir, Bloger Buku Indonesia. Lalu… “Pintu teater dua sudah dibuka…” Waks! Film kedua, “Charlotte’s Web.” Kalau enggak salah bukunya sudah dua kali diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, dan yang terakhir adalah terjemahanku dengan judul “Laba-laba dan Jaring Kesayangannya,” terbitan Dolphin. Penerbit Dolphin menyediakan hadiah kuis berupa beberapa buku dan kaus.

Film ketiga rupanya sudah ditunggu-tunggu. “The Help” novel karya Kathryn Stockett yang diangkat jadi film ini juga sudah diterjemahkan oleh Uci Barokah Ruziati, terbitan Penerbit Matahati. Filmnya sangat memukau. Saking memukaunya ada seseorang yang sampai harus dicari-cari oleh rekannya karena sudah tiba saatnya naik ke panggung gelar wicara untuk bincang-bincang menjelang lelang novel “The Casual Vacancy” karya terbaru J.K. Rowling. Dari celah tenda aku mengamati, begitu bincang-bincang selesai, the said person  langsung tergopoh-gopoh kembali ke tenda Bioskop Baca dan melanjutkan menonton film yang durasinya 146 menit ini. Penyejuk udara yang kadang hidup kadang mati juga enggak mengurangi keasyikan para penonton bioskop baca. Harus diakui, penggunaan TV layar lebar itu jauh lebih baik daripada proyektor seperti tahun lalu. Karena sudah sore, dan pengumuman anugerah pembaca sudah akan diumumkan, kali ini enggak ada kuis, sebagai gantinya hadiah buku dibagikan dengan cara mengundinya.

IRF_2012_9b
Tim Bioskop Baca

Ini tahun ketiga aku mengunjungi Festival Pembaca, acaranya paling ramai pengunjung dan peserta pameran. Untuk pertama kalinya aku datang sebagai relawan. Asyik, senang, tapi tahun depan aku mau jadi relawan di lapak lain saja, karena cukup satu kali seumur hidup saja aku dipingit di bioskop baca. Baru kali ini aku maraton menonton 3 film dalam satu hari. Aku enggak menyaksikan Bookwar yang katanya begitu brutalnya sampai ada yang jarinya lecet lalu keesokan harinya bengkak dan kaki meja tempat buku patah, enggak ikut menyaksikan Amazing Race apalagi ikutan, enggak ikut foto-foto dengan teman-teman yang datang dari luar kota bahkan luar provinsi daaan… enggak ikut flash mob dance Rusa Besar di Pojok Anak. *nangis* Walau begitu, senang rasanya berada di tengah-tengah begitu banyak penggemar buku dan menjadi bagian dari pendukung acara menakjubkan ini. Acara ditutup dengan pengumuman Anugerah Pembaca Indonesia 2012.

Sampai bertemu di acara berikutnya! RUGI lho kalau enggak datang.

Laporan Pandangan Mata dari Harun: Serunya Festival Pembaca Indonesia 2012!

IRF_2012_3
Panitia penyelenggara Festival Pembaca Indonesia 2012: Luaskan Dunia Membacamu. Foto hasil jepretan Iyut.
Iklan

6 thoughts on “Dipingit di Bioskop Baca

Add yours

  1. Jadi relawan di pojok anak aja, seru lho, main bareng anak-anak lucu ^_^

    Gak nyangka setelah ketemu di Indonesia Book Fair, akhirnya ketemu lagi di Festival Pembaca Indonesia, kali ini sama-sama jadi relawan 😀

  2. Sudah direncanakan dengan seksama namun apa daya anak lagi mempersiapkan masa depannya. Jadilah hanya membayangkan bagaimana meriahnya pesta pembaca ini. Padahal tahun lalu ketika @Imazahra hadir pada acara ini, tahun 2012 aku harus hadir. Ternyata oh ternyata.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: