Ulasan buku: Touching the Void

Touching the VoidTouching the Void by Joe Simpson

My rating: 3 of 5 stars

Buku ini sungguh menegangkan.

Aku kurang suka membaca buku non fiksi karena enggak ada jagoannya. Aku juga bukan penggemar mendaki gunung. Enggak pernah mengerti di mana asyiknya—tapi itu masalah selera. Tapi di buku ini bukan hanya jagoan sungguhan yang disuguhkan melainkan juga petualangan menegangkan.

Joe Simpson dan Simon Yates Simon, mencapai puncak Siula Grande di gunung Andes Peru yang terpencil pada bulan Juni 1995. Beberapa hari setelahnya, Simon pulang ke perkemahan utama sambil terhuyung-huyung, kelelahan dan terkena radang beku, membawa berita Joe sudah tewas.

Joe memang jagoan dalam kisah ini. Perjuangannya yang luar biasa turun dari gunung dengan lutut hancur, tanpa makanan dan minuman selama tiga hari sungguh membuat jantung deg-degan dan gigi ngilu. Pembaca juga akan dihanyutkan oleh penuturannya tentang kekuatan yang membuatnya sanggup melewati semua itu. Akan tetapi, Simon juga tidak kalah jagoannya. Walau tahu keputusannya benar, dia menanggung rasa bersalah karena, akibat terdesak keadaan, telah memotong tali yang menghubungkannya dengan Joe. Bebannya bertambah berat karena selain harus menghadapi pihak yang berwenang untuk mengabarkan tewasnya Joe, dia juga harus menyampaikan berita duka itu kepada orang tua Joe. Keadaan tidak berakhir ketika Joe ditemukan dengan selamat. Banyak pihak yang mengecam tindakannya, di samping tidak sedikit juga yang memakluminya.

Selain luka fisik, Joe juga mengalami gangguan stress pascatrauma hingga belasan tahun setelah kejadian. Tapi yang mengagumkan, dia berhasil mengatasi semua itu, mendapat hikmah yang berlipat ganda dan… tetap mendaki gunung! Ck ck ck ck…..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: